Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

Masihkah Anda Makan Fast Food?


Fast Food berarti makanan cepat saji atau siap saji. Bagi mereka yang tidak mempunyai banyak waktu biasanya lebih memilih makanan jenis ini daripada repot memasak. Selain lebih praktis, proses penyajiannya pun mudah dan cepat. Tak heran jika saat ini mulai berjamuran makanan jenis fast food seperti ayam nugget, bubur siap seduh atau sereal. Sementara hamburger dan hot dog termasuk jenis junk food yang mengandung banyak zat yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Ironisnya meskipun jenis makanan seperti ini membahayakan bagi tubuh, masih ada saja golongan masyarakat yang menjadi peminatnya.


Nugget ayam, sereal maupun bubur sebenarnya adalah makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Namun jika sudah berubah menjadi makanan siap saji, secara tidak langsung ada zat lain yang ditambahkan agar makanan tetap awet. Zat lain inilah yang menyebabkan nilai gizinya berkurang. Proses pemasakan yang sudah dilakukan sebelumnya juga berpengaruh. Karena kandungan mineral dan vitamin yang seharusnya dicerna di dalam tubuh, diubah dalam bentuk makanan siap saji. Sehingga di dalam tubuh proses pencernaan zat gizi tersebut tidak lagi berlangsung. Akibatnya metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang.

JFEC pada fast food maupun junk food bisa dikatakan hampir tidak ada sama sekali. Kalaupun ada jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan kandungan makanan lain yang sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh. Kandungan tersebut diantaranya adalah sodium, saturated fat dan kolesterol.

Tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk metabolismenya. Jika berkurang akan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Sementara jika terdapat zat yang tidak dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar juga meningkatkan resiko munculnya penyakit.


Sodium misalnya. Zat yang merupakan bagian dari garam ini diperlukan tubuh dalam jumlah normal tidak boleh lebih dari 3300 mg atau 1 3/5 sendok teh. Jika jumlahnya terlalu banyak, maka dapat meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan resiko munculnya penyakit ginjal, jantung dan stroke. Saturated fat juga berbahaya bagi tubuh karena zat ini merangsang hati untuk memproduksi kolesterol dalam jumlah banyak. Padahal jika kolesterol dalam tubuh jumlahnya melebihi batas normal, dapat menutup saluran darah dan oksigen yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh. Jika demikian resiko kanker usus dan kanker payudara dapat muncul. 

Terima kasih telah membaca artikel tentang Masihkah Anda Makan Fast Food? di blog Kandungan Makanan jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template